Senin, 27 Januari 2014

Renungan 3

Hari ini yang menjadi saat teduh saya yaitu dari buku The Purpose Driven Live yang hari ke 3, dimana biasanya saya membaca 1 bab dalam 1 hari, jadi hari ini adalah bab 3. dan yang menjadi judulnya adalah "Apa Yang Menggerakkan Kehidupan Anda". Seperti biasa saya teduh saya akan membaca ayat yang menjadi perenungannya yaitu yang dikutip dari Pengkotbah 4:4 " Aku melihat bahwa pada dasarnya segala jerih payah dan keberhasilan orang lain didorong oleh perasaan iri hatinya". Ayat ini entah mengapa menjadi seperti ayat yang baru bagiku, padahal dalam bacaan alkitabku, aku yakin sudah pernah melewati ayat ini, tapi entah mengapa ayat ini masih terasa asing bagiku. :).  ada 5 penggerak umum dalam kehidupan manusia..
1. banyak orang yang digerakkan oleh rasa bersalah
  kita adalah produk masa lalu, tapi kita tidak perlu menjadi tawanan masa lalu kita. seperti Tuhan memakai Musa dari seorang pembunuh menjadi seorang pemimpin, dan juga Gideon dari seorang pengecut menjadi seorang pemberani . dan saya yakin Dia juga akan mampu melakukan hal-hal yang ajaib didalam kehidupan kita.
2.banyak orang digerakkan oleh kebencian dan kemarahan
3. banyak orang yang digerakkan oleh rasa takut
iyah.. sayalah mungkin dari banyak orang yang pernah digerakkan oleh perasaan takut. Saya akan mengerjakan tugas bukan karena saya ingin mengerjakannya tapi saya takut, saya nanti akan kena marah oleh dosen, mama saya atau semuanya. dan ternyata ketakutan yang saya bangun selama ini menjadi penghalang untuk menjadi apa yang Allah maksudkan bagi saya. dan kekuatan paling besar untuk melawan takut adalah Iman dan Kasih. Alkitab mengtakan "Didalam kasih tidak ada ketakutan; Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna didalam kasih." 
4. banyak orang yang digerakkan oleh materialisme
5. banyak orang yang digerakkan oleh kebutuhan akan pengakuan.
ada manfaat yang sangat besar ketika kehidupan yang kita jalani  saat ini memiliki tujuan. mengenali tujuan hidup kita akan memberi makna bagi kehidupan kita. ketika kita mengetahui apa yang menjadi tujuan kita maka kita akan berusaha untuk melakukan segala sesuatu yang bermakna, tanpa membuang-buang waktu seperti yang selama ini mungkin saya lakukan,  mengerjakan hal-hal yang menurut saya tidak begitu penting. Misalnya pergi ke kampus, jumpa sama teman-teman hanya untuk menggosip, membicaran orang, atau mungki nongkrong di depan TV sampai beberapa jam, atau banyak lagi hal yang saya lakukan yang tidak efektif. nah ketika kita memiliki tujuan hidup maka kita akan mengefektifkan waktu kita untuk sesuatu hal yang berguna. Mengenali Tujuan juga akan membuat kehidupan kita memiliki fokus. kuasa karena fokus adalah ibarat cahaya, cahaya yang menyebar memiliki sedikit kuasa atau pengaruh, tetapi kita bisa memusatkan energinya  dengan memfokuskannya. Dengan kaca pembesar, Sinar matahari bsa difokuskan untuk membakar rumput atau kertas. ketika cahaya lebih difokuskan lagi eperti sinar laser ia bsa memotong baja. jika kita ingin memiliki pengaruh, fokuskanlah. mengenali tujuan hidup juga akan mempersiapkan kita menghadapi kekekalan.
GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar